Rabu, 24 September 2008

Kecilku di Indonesia


Aku lahir di Bandung, tepatnya tanggal 26 Oktober 1990. Di salah satu kota metropolitan Indonesia. Aku tak ingat bagaimana kondisiku saat itu, bahkan merasa pernah terlahirpun tidak. Tapi saat aku duduk di bangku sekolah, aku tahu kalau tahun saat ku pertama kali menyapa dunia dengan tangis adalah saat kehancuran komunis Soviet. Setidaknya itu membuatku sedikit bangga, walau aku sama sekali tak melakukan apa-apa kala itu. Mungkin hanya kebetulan.

Kebetulan saja aku terlahir saat itu. Karena ayah dan ibu menikah beberapa tahun sebelumnya, karena seorang bidan baik hati –entah kenapa aku menulisnya demikian– berhasil melepasku dari jejaring rahim sempit ke alam luas, dan karena pada saat itu Gorbachev mengumandangkan semboyan glasnot dan perestroikanya, saat itulah aku, tanpa mengerti apapun, hadir menambah daftar penghuni Indonesia.

Tapi betulkah itu suatu kebetulan yang seutuhnya terlepas dari diri kita? Mungkin tidak. Bukankah setiap hari matahari muncul di ufuk timur karena rotasi bumi sudah sampai pada angka 360 derajat dari pergerakannya, dan bukan kerena kebetulan bumi mampir di salah satu sisi yang tersinari matahari? Bukankah Einstein pernah bercerita tentang sekat-sekat waktu yang akan senantiasa kita temui di setiap titik? Bukankah teori-teori eksak mengajarkan kita kepastian, tidak kebetulan? Dan bukankah Muhammad sengaja di lahirkan di Arab untuk misi mulianya? Ah, tapi kita tidak akan terlalu membicarakan teori-teori filosofis ini lebih detail –mungkin lain waktu saja–.

Oke, kalau kita masih bersikeras bahwa semua ini hanya kebetulan, maka kita tidak akan bisa menyela bahwa semua kejadian yang ‘kebetulan’ terjadi bersamaan itu mempengaruhi dan diam-diam membentuk diri kita, disadari atau tidak. Aku lahir saat komunis hancur, dan perang dingin dimenangkan oleh Barat. Maka aku tumbuh oleh hal-hal itu: acara-acara televisi, obrolan orang-orang, sampai pendidikanku di sekolah, semuanya berdalih bahwa liberalismelah yang unggul, dia yang menang. Guru Pknku bilang kita harus menjauhi komunis. Buku-buku ayahku yang kini ku baca semuanya tentang demokrasi. Fukuyama bilang liberalisme adalah akhir dari sejarah (the end of history).

Maka begitupun dengan kalian. Kau, mereka, guru-gurumu, semuanya juga seperti itu. Kapan kita lahir, di mana kita tumbuh, apa yang terjadi saat itu, semua membentuk kita menjadi ‘aku’. Menjadi manusia. Kalau Whitehead pernah berteori bahwa manusia adalah gabungan dari manusia-manusia lain (kita menjadi kita karena fikiran dari orang tua kita, gutu, teman-teman, dan masyarakat sekeliling kita), maka menurutku itu harus ditambah dengan realitas yang ada di sekitar kita, karena kondisi sosialnya juga.

Dan kini kita tumbuh di Indonesia, Negara dengan peringkat korupsi papan atas dunia. Hutang luar negerinya mencapai 200 triliun, pendapatan perkapita di bawah rata-rata, kasus narkoba pelajarnya mencapai jumlah 86 ribu, seks bebasnya seakan tanpa henti, dan kekerasan di sekolah ditambah minuman keras, vodka, marijuana, kokain sebagai pembodohan bangsa, juga pembodohan di televisi yang konyol.

Kini kita tumbuh di Indonesia, kini kita tumbuh bersama hal-hal itu.

Lantas, dengan banyak hal gila tadi, secara otomatiskah kita juga menjadi gila, bodoh, dan tolol untuk seenaknya menghisap heroin, seks bebas, dan hal-hal brutal lainnya? Kalau begini, bukankah kita memang ditakdirkan untuk menjadi jelek karena hidup di Indonesia? Sebentar, bukan itu maksudku. Kita memang diam-diam dibentuk oleh hal-hal yang ‘tak selesai’ tadi, tapi kita masih punya sisi lain yang paling manentukan. Toh kita bukan keledai kan?

Itulah ‘aku’, sesuatu yang paling dalam dari diri kita yang mungkin kitapun tak mengerti. ‘Aku’lah yang menentukan setiap pilihan. ‘Aku’ akan selalu mempunyai banyak sisi untuk diambil, untuk dipilih, dan ‘aku’ memegang supremasi penuh untuk menentukannya. ‘Aku’ adalah raja ketika lepas dari belenggu negatif dunia ini–seks bebas, narkoba, heroin, vodka– dan naik menuju dimensi yang lebih tinggi. Tapi ‘aku’ berbalik jatuh menjadi budak ketika ia diseret rantai semua ketololan itu. Ketika ‘aku’ lebih memilih pornografi daripada film-film keagamaan dan pendidikan, alkohol pada topi miring daripada maltosa dalam susu sapi, remang lampu diskotik daripada terang ruang kelas.

Kita memang tumbuh di Indonesia. Bersama hal-hal yang tak pernah henti membuat kita gila. Tapi kita selalu punya sisi lain, kita adalah ‘aku’ yang akan selalu mempunyai kekuasaan untuk memilih.

Dan mungkin bukan sesuatu yang kebetulan kita lahir di sini, di tanah ini. Mungkin bukan suatu kebetulan sekarang kita berseragam putih abu-abu (atau putih hitam di sekolahku), karena kita harus mempelajari banyak hal. Mungkin bukan suatu kebetulan kau membaca tulisan ini karena kau memang harus mulai mengambil pilihan lain dari hidupmu. Mungkin bukan suatu kebetulan Tuhan membesarkanmu di Indonesia, karena suatu saat kaulah guru di negeri ini, kaulah bisnismennya, kaulah hakimnya, kaulah menterinya, kaulah presidennya.

Indonesia membutuhkan ‘aku’-‘aku’ yang lain, Indonesia membutuhkan ‘aku’-‘aku’ yang raja.

Untuk seluruh pelajar Indonesia, inilah negeri kita. Negeri yang sejak kecil mengajari kita akan kehidupan. Sayangnya kita belum mampu memandang pelajaran itu dengan jelas. Kalaupun hanya kebetulan saja aku lahir saat hancurnya Soviet, maka aku percaya dunia mengajariku untuk tidak jadi komunis, dan aku harus memilihnya agar tidak hancur lagi. Kita tumbuh bersama hal-hal gila, maka aku percaya ada sisi lain di balik kegilaan itu yang sedang mengajari kita untuk tidak melakukannya, hanya saja kita tidak mendengar dan memilihnya. Kita memang dibentuk oleh keadaan lingkungan, tapi lingkungan itu sendiri menawarkan banyak sisi kepada kita untuk dipilih, dan mungkin kacamata kita masih terlalu tipis untuk melihat sisi lain yang ada di balik sana, di jarak yang lain.

Maka sekaranglah saatnya kita berubah. Gantilah kacamatamu, lihatlah sisi lain yang lebih jauh, dan fikirlah matang-matang untuk memilih.

Saatnya untuk berubah. Saatnya untuk memilih maltosa yang menyehatkan daripada alkohol yang memabukkan, saatnya memilih denias atau Laskar Pelangi daripada tontonan sampah itu, dan saatnya kita memilih kemajuan daripada kegilaan.

Indonesia menantimu, pilihlah.

7 komentar:

peacenresist mengatakan...

bukan salah individual atas kejadian di indonesia, bukan bodaohnya rakyat untuk memilih kebenaran dan kebatilan, bukan kesalahan tuhan melahirkanku di inonesia. karena sebernanya itu sut=atu rahmat dan kenikmatan yang tak terhingga dan hanya tuhan yang memberiku rahmat itu. tapi kebejatan imperialis lah yang ptut di salahkan atas semua kegilaan itu. penghancur sistem pendidikan, dan penghancur generasi bangsa.
selesikan masalah bangsa berssama2 maka masalah mu akan terselesaikan, jangan menyelesaikan secara individu pikirkan orang lain yang bernasib sama karena menyelesaikan persoalan individu tidak akan menyelesaikan persoalan bangsa.

Iiq Pirzada mengatakan...

Ya, tapi bangsa ini tak lain dari individu itu sendiri, hanya saja dalam jumlah yang banyak. revolusi yang kita lakukan di manapun akan percuma jika orang-orangnya tetap bermental bejat. mungkin hanya seperti mengganti pakaian anak kecil yang habis bermain lumpur, sementara badan anak itu dibiarkan kotor. Tapi kamu benar tentang kolonialisme dan imperialis itu, mereka memang harus ditumpas. Aku menanti generasi baru yang lebih baik.
Salam,
pelajar indonesia.

peacenresist mengatakan...

gini bung,, revolusi itu tidak akan bisa dilakukan oleh satu orang saja revolusi terwujud dengan perjuangan massa saja. jadi perjuangan parpol itu hanya reformasi,yang tidak akan mengubah keadaan tapi tidak lebih dari perebutan kekuasaan, pa bila sudah terjadi revolusi akan jelas mengubah mental manusia yang da di dlmnya, yang tadinya modal tidak akan lagi dikedepankan. seperti saat ini indonesia yang terkacau oleh sistem setengah jajahan dan setengah feodal harus segera diperbaiki.
dengan cara revolusi,,,,

Iiq Pirzada mengatakan...

Saya menulis ini karena saya sendiri sudah benar-benar melakukan revolusi di sekolah. Dari sana saya mendapat pengalaman penting betapa mudahnya mengubah suatu sistem, akan tetapi sampai saat ini revolusi itu tak mendarah dalam murid-muridnya, begitu sulit mengubah orang. hasilnya, betapapun sistem itu diubah, akan sulit tercipta perubahan esensial jiga aktornya masih bermental penjahat.

peacenresist mengatakan...

revolusi spt apa yg pernah dilakukan????
revolusi ada 3 macam bung>>>>
ada revolusi budaya,politik dan ekonomi...
tergantung spt apa kejadian mungkin saya tidak tau persis keadaan objektifnya disana.
untuk merubah suatu sistem awalilah dengan mengajak orang2 disekitar anda dan beri penjelasan apa yang akan bung lakukan.
orang2 itu yang nantinya membantu dan berperan penting.
dengan adanya beberapa orang bisa merubah setiap individu semua orang , karena da nya suatu sistem dimule dari kebiasaannya........
orang2 yang bisa menciptakan keadaan adalah embrio dari perubahan.

Iiq Pirzada mengatakan...

Terserah revolusi macam apa, saya tak begitu faham. Yang saya tahu revolusi adalah perubahan besar-besaran, dan saya merubah satu sistem (panjang jika dijelaskan di sini) dengan maksud kebaikan bersama. Nyatanya keadaan hanya membaik sedikit. Mungkin kata-kata seorang komandan perang perancis abad pertengahan bisa kita renungkan "saya sudah berkali-kali menaklukan kekaisaran, akan tetapi sampai saat ini saya tidak bisa menaklukan diri saya sendiri".
Ngomong-ngomong saya belum kenal siapa kamu.
Salam kenal.
Iqbal

peacenresist mengatakan...

gak bisa gto bung....
karena revolusi itu bukan hanya perubahan besar2an tapi revolusi itu perubahan pada basic struktur, revolusi itu terutama adalh revolusi sistem ekonominya karena yang paling bermasalah di ngara kita ini adalah masalah ekonominya itu.
tapi klo perubahan yang diambil tidak tepat ya sama aja tidak akan berpengaruh bahkan bisa lebih parah.
lam kenal juga....
RAJA......